AYO! KEMBALI KE JAMU INDONESIA                                         Selamat Datang di NATURINDOFit.com           Klik - Ketemuan - Deal - Sehat...hanya disiniii                                         

Pencarian Produk

Customer Care



Berita Terbaru

Ribuan keluarga telah membuktikan khasiat herbal (jamu) Indonesia jika diolah dengan seksama tidaklah kalah bahkan dapat lebih mujarab dibanding obat kimia atau herbal import dari negri manapun.Tak ada yang perlu diragukan lagi dari keampuhan Jamu Indonesia, baik untuk menjaga kesehatan, pengobatan atau pemulihan kondisi pasca sakit, tak hanya penyakit ringan, penyakit-penyakit berat stadium lanjut pun berhasil terbantu sembuh dengan herbal yang tepat. Naturindo Fit. Herbal Indonesia bermutu kelas dunia.

Statistik

Page Views   360646 Page View
Visitors   4646 Hit Pengunjung
Visitor Online   4 Pengunjung Online

Jam

Diagnosa Visual

Informasi Diagnosa diatas bukan untuk me-fonis penyakit namun lebih untuk deteksi dini timbulnya gejala gangguan kesehatan yang timbul berdasarkan tanda-tanda khusus dalam anggota tubuh.

DIAGNOSA PENYAKIT SECARA VISUAL

A.      TELAPAK TANGAN I

B.       SUHU TELAPAK TANGAN

C.       MATA

D.      LIDAH

E.       KUKU

F.       TELAPAK TANGAN II (DETAIL)

Saraf telapak tangan dapat menunjukan gambaran kesehatan dalam tubuh kita

A.      TELAPAK TANGAN

KOLESTEROL

Dapat dilihat jika diujung-ujung jari kelihatan kemerah-merahan ada indikasi permasalahan kolesterol

GINJAL

Dapat dilihat dipangkal ruas jari bagian bawah jika bergelembung mengindikasikan permasalahan ginjal

ASAM URAT

Dapat dilihat dipermukaan kuku jika permukaan kuku bergelombang dan kasar ada indikasi pernah atau sedang bermasalah dengan asam urat (logam berat dalam badan). Tengah telapak tangan kasar

DIABETES MELETUS

Dilihat pada kulit pangkal ruas kuku terlihat hitam atau gelap,ujung ruas jari meruncing

JANTUNG, REPRODUKSI, OTAK

Telapak tangan lembab berair, khusus jantung biasanya jari tengah sebelah kiri bengkok ke kanan sebelah kanan bengkok ke kiri

LAMBUNG (ANGINAN)

Telapak tangan ada bercak-2 putih

TULANG PUNGGUNG

Dapat dilihat pada jari kelingking jika bengkok menunjukan indikasi permasalahan di tulang belakang  jika yang bengkok pada jari yang lain dikaitkan dengan masalah saraf

Imuniti lemah /Daya tahan tubuh lemah

Telapak tangan kering dan cekung

STRESS

Ditunjukan dengan banyaknya urat- urat biru yang timbul ditelapak tangan

SEMBELIT

Ruas-ruas jari pada telapak tangan atau punggung tangan gelap/kehitaman

 

 

B.       SUHU TELAPAK TANGAN

  1. Telapak tangan panas bagian kaki terasa sejuk  menandakan  masalah pada perut atau perut ke bawah
  2. Telapak tangan panas dan bagian kaki panas menunjukan permasalahan pada bagian kepala

 

C.      MATA

Bagaimana penyakit dideteksi?
Layaknya ‘peta jalan’, iris mata dilengkapi dengan tanda-tanda yang mampu mengindikasikan adanya kelainan di dalam tubuh. Tanda-tanda yang terdapat pada iris mata merupakan gambaran detail kondisi badan secara keseluruhan, termasuk genetika dasar, endapan toksin, bendungan sirkulasi, dan kelemahan lainnya.   

Setiap mata memberikan informasi yang berbeda. Informasi yang bisa dianalisis adalah:
Mata kanan
Menggambarkan kondisi kesehatan bagian tubuh  sebelah kanan dan otak.

Mata kiri 
Menggambarkan kondisi kesehatan bagian tubuh sebelah kiri dan otak.

Bagian atas iris
Memberikan informasi yang berkaitan dengan otak dan jantung.

Bagian tengah iris
Berhubungan dengan perut dan pencernaan.

Bagian terluar iris
Memberikan indikasi mengenai kondisi kolon, ginjal, hati, punggung, dan kulit.

 Lingkaran kebiruan yang mengelilingi bagian terluar iris
Menunjukkan kondisi kejiwaan, stres misalnya. 

Ukuran pupil
Menentukan seberapa besar energi yang dimiliki oleh orang yang bersangkutan.

 

D.      LIDAH

 

Berdasar warna

                Merah                    Masalah  jantung atau usus kecil

                Putih                       Masalah paru-paru atau usus besar

                Hijau                       Masalah hati atau empedu

                Kuning                    Masalah limpa atau perut

                Hitam                      Masalah ginjal atau kandung kemih

 

GINJAL, KURANG DARAH

Lidah terlihat pucat dan dingin

STROK

Lidah tertarik kesebelah kanan dan terdapat selaput putih tebal

KOLESTEROL , TEKANAN DARAH TINGGI

Ujung lidah berwarna merah, selaput putih tebal ditengah

KANKER

Pinggir ujung lidah terdapat bercak – bercak warna ungu kehitaman

 

 E.      KUKU

Teknik diagnosa penyakit kini semakin beragam, selain melalui pemeriksaan darah, air seni dan tinja dapat juga dideteksi lewat lidah, mulut bahkan kuku. Diagnosa penyakit lewat kuku sebenarnya sudah dilakukan banyak orang sejak zaman Hippocrates.

Kuku mempunyai fungsi utama yaitu melindungi ujung jari yang lembut dan penuh dengan urat syaraf (ujung syaraf). Kuku secara kimiawi sama dengan rambut, antara lain terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Sedangkan kulit ari pada pangkal kuku berfungsi untuk melindungi dari kotoran-kotoran.

Bagian kulit dibawah kuku terdapat banyak sekali pembuluh kapiler yang kaya akan suplai darah sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti halnya dengan gigi dan tulang, kuku merupakan bagian yang terkeras tubuh dikarenakan kandungan airnya sangat sedikit sekali.

Tingkat pertumbuhan kuku pada jari tangan antara 0,5 – I,5 mm per minggu, sekitar empat kali lebih cepat dibanding kuku jari kaki. Pertumbuhannya dipengaruhi oleh panas tubuh dan yang terlebih penting lagi adalah “nutrisi”. Apabila kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa maka pertumbuhan kuku menjadi sangat lambat dan rapuh.

Kejanggalan kuku yang dapat dijadikan diagnosa penyakit :

* Pangkal kuku membiru menandakan kurang beresnya sirkulasi darah dan merupakan gejala penyakit jantung.

* Separuh bagian pada ujung kuku berwarna merah muda atau coklat sementara kulit ari berwarna putih, ini menandakan penyakit gagal ginjal.

* Terdapat kerutan horizontal dan kuku tampak kusam, menandakan kekurangan gizi, gejala suatu penyakit campak, cacar air, gondok, jantung serta sindrom Reynaud (kejang pada urat jari tangan/kaki diakibatkan sangat kedinginan).

* Lapisan merah membujur pada kuku menandakan perdarahan pada pembuluh kapiler, bila terdapat garis ganda merupakan gejala penyakit darah tinggi (hypertensi).

* Pertumbuhan kuku lambat, tebal dan mengeras dengan warna kekuning-kuningan menandakan gangguan getah bening atau penyakit pencernaan kronis.

* Bintik-bintik tak beraturan pada kuku menandakan penyakit psoriasis (penyakit kulit kronis).

* Lengkungan berlebihan pada pangkal dan sekitar ujung kuku menandakan gejala penyakit TBC, emfisema (gangguan paru-paru) dan kardiovaskuler (hati).

Sindrom kuku kuning
Perubahan menjadi kuning pada kuku juga bisa disebabkan penyakit pernapasan seperti bronkitis kronis atau bentuk pembengkakan di tangan (lymphedema). Ciri kelainan ini adalah kuku menebal, pertumbuhan melambat, dan hasilnya adalah perubahan warna kuku. Kuku yang terkena penyakit ini mungkin kehilangan kutikel dan tumbuh terpisah dari kulit.
Meskipun ini merupakan tanda penyakit pernapasan, mungkin saja kuku kuning Anda tak ada hubungannya dengan penyakit pernapasan. Kuku kuning mungkin juga merupakan hasil dari segala penyakit yang menyebabkan pertumbuhan kuku jadi melambat.

Kuku berlubang
Lekukan-lekukan kecil di kuku merupakan gejala umum pada orang dengan psoriasis, penyakit kulit yang menyebabkan terjadinya potongan-potongan kulit bersisik. Lubang-lubang ini juga bisa merupakan akibat luka pada kuku. Lubang-lubang kuku itu juga menyebabkan kuku jadi remuk.
Lekukan yang menyebabkan kuku kelihatan berlubang-lubang itu terkait dengan kondisi yang dapat merusak kutikel kuku seperti dermatitis kronis di jari atau alopecia aerata, penyakit autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut.

Kuku cembung
Ini terjadi ketika ujung jari membesar dan kuku jadi berbentuk cembung ke arah ujung jari. Kondisi ini terjadi sebagai hasil rendahnya kadar oksigen di dalam darah dan bisa merupakan tanda adanya penyakit paru-paru. Kuku cembung juga bisa berarti penyakit perut inflammatory bowel disease, bisa juga berarti penyakit hati.

Kuku sendok
Kuku berbentuk sendok ini merupakan kuku lembek yang kelihatan cekung. Lekukan dalam cekung ini biasanya cukup besar untuk menampung setetes cairan. Kuku sendok bisa merupakan tanda kekurangan zat besi atau anemia.

Terry’s nail
Dikenal sebagai kelainan bernama Terry’s nail. Kuku berwarna buram tetapi ujungnya memiliki warna gelap. Kadang kondisi ini disebabkan oleh penuaan. Bisa juga merupakan tanda penyakit serius seperti gagal jantung kongestif, diabetes, penyakit hati, kurang gizi.

Beau’s lines
Ini adalah lekukan dalam yang melintang di kuku. Ini dapat muncul ketika pertumbuhan di daerah di bawah kutikel diganggu oleh luka atau penyakit serius. Penyakit yang ditandai dengan Beau’s lines adalah diabetes tak terkontrol, penyakit peredaran darah seperti penyakit arteri periferal, penyakit yang terkait demam tinggi, disebabkan oleh pneumonia, cacar atau gondongan, kurang gizi.

Kuku terpisah dari jari
Kondisi ini dinamai onycholysis. Cirinya kuku menjadi longgar dan dapat dipisahkan dengan jari. Ini bisa merupakan tanda penyakit infeksi, tiroid, reaksi obat, reaksi terhadap pengeras kuku atau kuku palsu dari akrilik, psoriasis.


Dengan adanya diagnosa penyakit lewat kuku, maka hendaknya kita rajin merawat dan memperhatikan perubahan apapun pada kuku agar gejala penyakit dapat lebih cepat terdeteksi serta sesegera mungkin mencari solusi penyembuhannya.


F.       TELAPAK TANGAN (DETAIL)

 Analisis telapak tangan “The Sign of Hand ” telah lama digunakan oleh bangsa Yunani sejak ribuan tahun yang lalu.  Itulah sebabnya analisis telapak tangan merupakan salah satu bentuk analisis yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh seorang Herbalis ketika hendak merawat penyakit pasien yang berobat kepadanya.

 Tangan merupakan bagian saraf yang paling ujung dari tubuh manusia.  Apa saja yang berlaku pada tubuh manusia akan terlihat pada tangan.  Di antara bagian-bagian tangan yang bisa menunjukkan keadaan suatu penyakit yang berlaku pada manusia adalah; telapak tangan bagian atas, punggung tangan, semua jari (mulai dari kelingking hingga ibu jari), ruas-ruas jari bagian atas dan kuku.  Pengamatan pada telapak tangan adalah menyangkut perubahan warna dan perubahan fisik (biasanya bengkok ke kiri / kekanan / ke hadapan).

1.       Masalah Kolon (Sembelit)

Penyakit bersumber dari masalah usus besar (kolon), dan sembelit merupakan masalah yang paling utama.  Tanda-tanda di tangan pasien untuk masalah sembelit dan permasalahan kolon lainnya adalah sebagai berikut :

 

a)      Garis-garis ruas jari-jari pada punggung tangan berwarna gelap, semakin gelap warnanya mengindikasikan semakin parah permasalahan sembelitnya.

 b)      Garis-garis yang ada pada telapak tangan dan ruas seluruh jari berwarna gelap, semakin gelap warnanya mengindikasikan semakin parah permasalahan sembelitnya.

 c)      Terdapat bayangan kehitaman secara keseluruhan dari telapak tangan, menandakan lebih kronik dari garis-garis berwarna gelap di ruas jari-jari.

 d)      Apabila jari telunjuk dan jari tengah direntangkan terasa sakit, maka mengindikasikan juga adanya masalah sembelit.

 e)      Permasalahan usus besar lainnya dapat dilihat pada keadaan ibu jari (jempol) yang bengkok

 f)       Jari telunjuk bengkok juga mengindikasikan adanya permasalahan pada usus besar.

 

Simptom dari sembelit adalah sebagai berikut :

 a)      Faces dikeluarkan melebihi 14 Jam ( > 14 Jam)

 b)      Faces keluar seperti odol (pasta gigi)

 c)      Buang Air Besar (BAB) sering (tiap hari) tapi tak cukup kadarnya.

 d)      Buang Air Besar (BAB) sering (tiap hari) tapi tak keluar habis.

 e)      Terjadi kekurangan air dalam badan (kurang air minum)

 f)       Selalu Mengantuk

 g)      Buang Air Besar selang satu hari atau bahkan selang dua hari

 h)      Buang Air Besar mencret, menandakan sembelit yang parah

 Jika terjadi keadaan sembelit yang sangat parah, dapat ditherapy dengan mesin kolon hydrotherapy, dimana  najis-najis yang menempel di usus / kolon akan dikeluarkan dengan bantuan mesin dan biasanya berwarna kehitaman seperti ter (aspal).

Sembelit adalah sebuah permasalahan (sumber penyakit), namun wujudnya berupa penyakit-penyakit degeneratif seperti  kencing manis, darah tinggi, asam urat, dan sebagainya.

 

2. Masalah Angin

Masalah angin tak bisa dipisahkan dengan masalah sembelit. Tanda-tanda di tangan pasien untuk masalah angin adalah terdapat bintik-bintik putih di telapak tangan berwarna kemerah-merahan.  Ada dua kemungkinan, jika dasar telapak tangan berwarna merah maka bintik-bintik berwarna putih.  Dan sebaliknya jika dasar telapak tangan berwarna putih maka bintik-bintik berwarna merah. Hal ini diakibatkan oleh gas yang berlebihan.

 Simptom dari masalah angin adalah cepat marah / emosi; darah keluar lebih kental bila di bekam; suara tinggi dan pandangan tajam.  Masalah angin ini terkait dengan masalah kolesterol.

 3.  Masalah Fikiran (Stress)

 Alam fikiran menguasai 50% kesehatan pasien. Dalam keadaan tertekan (stress) yang berterusan tubuh akan mengeluarkan hormon steroid yang dapat melemahkan sistim imunity. Tanda-tanda di tangan pasien stress adalah terdapat urat-urat biru / hijau pergelangan tangan, telapak tangan dan disepanjang jari-jari serta sangat terlihat jelas di betis kaki. 

4.  Masalah Jantung

 Masalah jantung tidak identik dengan penyakit jantung.  Masalah jantung maksudnya adalah terdapat gangguan–gangguan pada organ jantung. Berlakunya arteriklorosis (penyumbatan arteri) adalah dikarenakan terjadinya kondisi stress yang berkepanjangan. Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami gangguan jantung adalah sebagai berikut :

 a)      Jari kelingking yang bengkok mengindikasikan adanya permasalahan pada organ dalam jantung.

 b)      Jari Tengah yang bengkok mengindikasikan adanya permasalahan pada organ pembungkus jantung.

c)      Tapak tangan berpeluh / berkeringat menandakan seseorang mengalami gangguan pada jantung, paru-paru, sesak nafas dan stress.

d)      Kuku  bergelombang juga mengindikasikan adanya permasalahan jantung.

 Simptom dari masalah jantung adalah dada kiri terasa sakit, kebas pada jari-jari, nyeri seperti di tusuk, mudah terperanjat, berdebar-debar, tidak lelap/sukar tidur.  Masalah ini ada hubungannya dengan masalah kolesterol atau tingginya kadar LDL (Low Density Lipoprotein) dalam tubuh.

 5.  Masalah Kolesterol

 Masalah kolesterol hampir menimpa kebanyakan penduduk yang tinggal di wilayah pesisir pantai, yang diakibatkan oleh pola diet/makan.  Masalah kolesterol sangat terkait erat dengan masalah jantung dan kardiovaskular.  Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan kolesterol ini adalah sebagai berikut

 a)      Ruas ujung jari-jari berwarna lebih merah / lebih gelap dari ruas jari di bawahnya.  semakin gelap warnanya menandakan kadar kolesterol di tubuh makin tinggi.

 b)      Telapak tangan berwarna merah, terlihat bengkak dan terdapat urat berwarna biru.

Simptom dari masalah kolesterol adalah masalah emosi atau cepat marah. Masalah kolesterol terkait erat dengan masalah sembelit, masalah angin.

 6.  Masalah Alergi /  Sinusitis

 Masalah Alergi / Sinusitis hampir menimpa kebanyakan penduduk Asia. Masalah ini biasanya dikaitkan dengan masalah paru-paru (pernafasan) atau asma. Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan ini adalah terdapat urat-urat berwarna biru / kehijau-hijauan pada perut telapak tangan di bagian bawah ibu jari.  Ibu Jari bagian atas kempot, juga menandakan berlakunya masalah sinusitis.

 Simptom dari masalah Alergi/Sinusitis adalah bersin-bersin, terutama di waktu pagi;  rambut rontok, mata gatal, kaki pegal-pegal, cepat lelah, asma.  Jika kondisi ini berkepanjangan maka akan menimbulkan masalah keputihan bagi perempuan, atau bawasir bagi laki-laki.

 7. Masalah Inbalance Hormon (ketidakseimbangan Hormon)

 Masalah inbalance hormon atau ketidak seimbangan hormon dapat menyebabkan berlakunya masalah berkurangnya keinginan seks (tapi tak identik dengan impotensi); masalah di rahim/peranakan.  Masalah ini biasanya berlanjut pada masalah Tiroid, Ovarium, Prostat, Uterus, Fibroid (kista), Endrometris, dan Kanker Rahim.

 

Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan inbalance hormon adalah :

a)      Telapak tangan berwarna pucat merah, terdapat urat berwarna biru dan terlihat sangat mencolok.

b)      Telapak tangan licin/kesat dan kulit telapak tangan kering.

c)      Terdapat bulan sabit terbalik hanya di kuku ibu jari menandakan hormon dalam keadaan balance.  Sebaliknya apabila bulan sabit terbalik tersebut ada disemua kuku, atau ada di kuku-kuku lain selain ibu jari, maka menandakan terdapat masalah in balance hormon.

d)      Jari Kelingking kempot menandakan berkurangnya kemampuan seks.

e)      Ibu jari bengkok menandakan masalah kesuburan yang rendah.

Simptom dari masalah in balance hormon adalah berkurangnya keinginan seks, perasaan rendah diri, kemurungan yang mendalam, bahkan depresi.

 8. Masalah Wanita (Rahim dan Uterus)

 Masalah wanita yang banyak dialami adalah masalah rahim jatuh (prolapsus); keputihan; senggugut; fibroid; endrometrosis.  Masalah wanita ini apabila berkepanjangan akan menyebabkan terjadinya kanker rahim. Beberapa kondisi yang menyebabkan seorang wanita mudah terserang kanker :

 a)      Datang darah haid pada usia dibawah 10 tahun

 b)      Berhenti darah haid pada usia di atas 50 tahun

 c)      Tidak melahirkan anak

 d)      Melahirkan anak pada usia 35 tahun terutama anak sulung

 e)      Tidak menyusui anak

 f)       Pernah menderita kanker jinak (kista /  tumor)

 g)      Memiliki garis keturunan terserang kanker

 h)      Pengguna Pil Kesuburan (Hormon) ataupun KB.

 

Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan wanita ini adalah :

a)      Jari kelingking meruncing / menirus menandakan masalah rahim / peranakan.

 b)      Jari Kelingking bengkok bagian atasnya saja menandakan rahim jatuh (prolapsus); jika berkelanjutan akan mengarah pada permasalahan kista / tumor.

 

9.  Masalah Buah Pinggang (Ginjal)

  1. Apabila seorang Ayah/Ibu telah mengalami masalah ginjal, maka berdasarkan penelitian di Malaysia sekitar 60% anak yang dilahirkan akan mewarisi masalah ginjal tersebut.

 Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan ginjal ini adalah :

a)      Ruas pertama dari seluruh jari –jari terlihat buncit / bengkak air.

b)      Ruas pertama jari telunjuk berkerut-kerut / keriput, menandakan kurang air atau sering menahan air kencing, biasanya juga terlihat kelopak mata berwarna hitam.

c)      Terasa sakit di tiga jari (ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah)

d)      Ujung-ujung jari relatif tidak meruncing menandakan seseorang mengalami masalah ginjal, untuk wanita biasanya letak rahim tidak pada tempatnya.

e)      Mata kaki bengkak atau mata bergelambir menandakan ada masalah ginjal dan jantung.

f)       Ruas ujung jari-jari bengkok ke dalam menandakan adanya masalah batu karang/ginjal  dan gout/asam urat.

 

 10.  Masalah Lainnya

 Selain tanda-tanda seperti yang diuraikan di atas, masih terdapat tanda-tanda lain yang bisa di lihat di telapak tangan, diantaranya adalah  :

 a)      Apabila kuku bergelombang; strik (bergaris-2) dan telapak tangan keras / terdapat benjolan, ini menandakan keracunan / toksid heavy metal (logam berat).

b)      Bawah mata dan telapak tangan terlihat pucat, banyak bintik-bintik putih dan urat berwarna biru tersebar merata menandakan seseorang mengalami masalah tekanan darah rendah atau anemia.  Kondisi ini juga dapat di lih

c)      Adanya garisan di tepi perut ibu jari, terlihat bergetar berwarna biru/hijau, ini menandakan adanya masalah tiroid atau masalah gastric/maag (angin dalam usus).  Simptomnya adalah jika letih / lapar terasa sakit di ulu hati.

d)      Mata minus atau pernah mengalami kecelakaan (accident), dapat dilihat juga pada ujung jari kelingking yang bengkok.

e)      Tanda kadar gula yang tinggi dapat dilihat di punggung jari-jari pas di bawah kuku,  semakin gelap warnanya maka semakin tinggi kadar gulanya.

f)       Kuku berwarna agak kemerah-merahan (pink) menunjukan seseorang mudah bingung.

g)      Kuku bergelombang menunjukan kelainan (gangguan) pada hati

h)      Kuku bergaris menunjukan kelainan (gangguan pada ginjal)

 

11.  Masalah Daya Tahan Tubuh (Sistim Imunity)

 Dari keseluruhan tanda-tanda yang dijelaskan diatas, adalah baru sebatas indikasi adanya permasalahan pada organ yang bersangkutan. Permasalahan tersebut akan ujud pada pasien apabila sistim imunity tubuhnya dalam keadaan menurun/rendah.  Tanda-tanda system imunity rendah adalah :

a)      Ujung Jari manis terlihat bengkok mengindikasikan menurunnya sistim imunity.  Selain itu juga terdapat masalah pada usus kecil  dan usus 12 jari (masalah pencernaan).  Ini ada kaitanya juga dengan masalah empedu, ulu hati dan maag.

b)      Telapak tangan berwama hitam legam menandakan kondisi daya tahan tubuh lemah dan jelek.

c)      Telapak tangan cekung atau berlopak (cukup dalam) menandakan sistim imunity yang rendah, juga menandakan adanya ganguan pada saraf dalaman. Jika diiringi rasa sakit di pundak / belikat, maka pada wanita ada kaitannya dengan rahim/peranakan.  Jika pria ada kaitannya dengan tenaga hayat.

 Contoh kasus berlakunya keadaan penyakit yang melibatkan keadaan telapak tangan  cekung :

a)      Pada pasien yang berusia lebih dari 40 tahun, jika memiliki telapak tangan yang cekung, ruas jari pertama buncit, adanya sembelit, warna telapak tangan kemerahan dan lembab, maka dapat dipastikan  pasien tersebut telah mengidap kencing manis (diabetes).

b)      Pada pasien wanita dewasa, yang memiliki telapak tangan yang cekung, dan juga mengalami gangguan pada hormon tiroid, telapak tangan kepucat-pucatan/kebiru-biruan, masalah angin yang kronik, masalah alergi maka dapat dipastikan pasien ini telah mengidap penyakit keputihan, fibroid dan endrometriosis.

c)      Ujung jari tengah bengkok, terdapat bintik­-bintik putih, telapak tangan licin, gemuk dan berkeringat, menandakan seseorang mengidap stroke / koleps.

 

Informasi ini disampaikan dan ditulis ulang dari berbagai sumber  dan riset oleh :

PT. NATURINDO FRESH Yogyakarta – Indonesia “Good herb, Best Help”

Produsen NATURINDO Fit “The Power of Nature”

www.naturindofit.com

Informasi Diagnosa diatas bukan untuk me-fonis penyakit namun lebih untuk deteksi dini timbulnya gejala gangguan kesehatan yang timbul berdasarkan tanda-tanda khusus dalam anggota tubuh.